Sistim Informasi Farmasi

Layanan Jasa Sistim Informasi untuk usaha Apotik / Farmasi garansi selama 1 (satu) tahun pertama pemakaian dan Dukungan Teknis / Tehnical Support seumur hidup selama Anda menggunakan Sistim Informasi Apotik.

Harga Setup mulai Rp. 2.500.000,- untuk Single User dan mulai Rp. 5.000.000,- untuk Multi User.

Informasi berlangganan lihat Price dan hubungi saya di Contact Me.

Kamis, 31 Mei 2012

Test Handphone Modem Xstre@m EVDO Smartfren E781A

Sebelum saya memutuskan untuk membeli handphone baru untuk menggganti handphone lama saya Haier C700 yang kurang optimal pemanfaatannya karena baterainya yang menggelembung, saya perlu untuk menentukan kriteria atau fitur minimal apa yang harus ada untuk handphone baru itu nanti.

  1. Bisa untuk browsing internet di handphone itu sendiri.
  2. Saya juga bisa menggunakannya sebagai modem external untuk browsing internet via Personal Computer / Laptop.
  3. Ada Radionya untuk update informasi dan hiburan.
  4. Ada MP3 Playernya karena si kecil suka sekali dengan 'realy-realy love you'-nya cherrybelle.
  5. Ada Cameranya untuk foto-foto.
  6. Bisa Video Recording merekam video.
  7. Tentunya Movie Player untuk memutar ulang hasil Video Recording.
  8. Sound Recording untuk merekam suara.
  9. TV sebagai pasangan fitur Radio.
  10. Memory External untuk menyimpan data-data download, file lagu, file foto, file video, dan file suara.



Setelah 'Ku tau yang ku mau' maka pilihan itu jatuh kepada Handphone Modem Xstre@m EVDO Smartfren E781A. Dengan harga Rp. 300.000,- (saya lebih suka menyebutnya demikian daripada dua ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) Anda bisa mendapatkannya di minimarket Alfamart terdekat.

Saya tidak akan menuliskan Manual Book untuk produk ini karena Anda bisa membacanya sendiri bila Anda berminat untuk memilikinya. Saya ingin me-review sedikit terkait 'Fitur Minimal Saya' tentang handphone ini beserta kesenangan-kesenangannya setelah selama 4 (empat) bulan berlalu sejak saya membelinya bersamaan dengan HUT Surabaya 31 Mei 2012 lalu.

Internet di handphone

Ada 6 (enam) aplikasi internet standar yang sudah terpasang sebagai Big Icon di dalam handphone yaitu Opera Mini 7, Browser, Smartfrenku, Media Streaming, Jejaring Sosial, dan Nimbuzz.

Opera Mini 7

Keinginan untuk browsing membuat saya mencoba Opera Mini 7. Rasa penasaran itu karena versi yang lebih tinggi dari Opera Mini 4 yang terpasang pada Haier C700. Seperti apa rasanya ? Seberapa cepat ? dan seberapa bagus tampilannya ? Namun hingga saat ini pertanyaan itu tak terjawab karena begitu Opera Mini 7 dijalankan handphone langsung melakukan restart sendiri.

Obigo 1.14

Kecewa ? oh... No. Masih ada aplikasi Browser disebelahnya. Obigo Versi 1.14. Cukup memuaskan dan lumayan cepat. Pengumuman Jadual Pendidikan Latihan Profesi Guru istri dapat dilihat dibrowser ini karena support dengan aplikasi Java. Pengumuman ini tidak terlihat di Opera 10 di browser PC (Personal Computer) saya. Bukan karena Opera 10-nya, tapi karena PC saya yang sudah kelewat uzur yang tidak kuat menjalankan aplikasi dan animasi Java atau pun aplikasi dan animasi berbasis Flash. But its oke.

Mangkrak dong Opera Mini 7-nya ? Sampai saat ini untuk browsing saya masih menggunakan Opera Mini 4 yang didownload melalui Obigo 1.14 dan terinstall di bagian Games dan Apps. Lebih cepat dan stabil. Hanya saja Opera Mini 4 disini tidak dapat menyimpan Web Page seperti Opera Mini 4 di Haier C700. Pengumuman PLPG yang menggunakan bahasa java juga tidak terlihat di browser ini . Dan juga jika Anda ingin ganti baris dengan menekan enter saat update status di Facebook, Opera Mini 4 ini tidak bisa melakukannya. Tapi sekali lagi, masih ada Obigo 1.14. Anda bisa buka Facebook dari browser ini dan membuat status dengan banyak alenia disini. Dengan menekan tombol # pada keypad handphone beberapa kali pilih T9In ( dari beberapa pilihan Abc, abc, 123, In, T9In, ABC), lalu pilih Symbol Enter (seperti symbol enter di keyboard laptop anda).

Menyenangkan

Tidak ada masalah yang berarti untuk aplikasi internet lainnya. Smartfrenku membantu Anda bertransaksi keuangan dengan aplikasi Uangku dan aplikasi Customer View berisi Customer Information yang menampilkan sisa pulsa via internet, payment history, jumlah bonus, dan jumlah kupon untuk rejeki smartfren. Media Streaming menjalankan aplikasi You Tube dan TV and Radio Streaming melihat TV dan mendengarkan Radio via Web, anda akan dicharge Rp. 5,-/detik. Jejaring Sosial yang meliputi Facebook, Twitter, Kaskus, dan Mig33. Nimbuzz aplikasi chatting yang memuaskan. Anda bisa chit-chat dengan teman Facebook anda. Namun sayang aplikasi ini tidak dapat chatting dengan kontak saya yang ada di Yahoo Messanger.

Modem External

Instalasi driver cukup mudah diikuti sesuai manual book sesuai dengan Operating System di komputer Anda. Namun setelah itu anda harus tahu bahwa Kecepatan Upload / Download berbanding lurus dengan Pulsa Anda. Dengan Speed Download hingga 3.1 Mbps ini akan benar-benar menjadi I Hate Slow.

Sangat menyenangkan ketika mendapatkan bonus data sebesar 1 Gb untuk Isi Pulsa Rp. 50.000,-. Jika Anda beli baru, maka Anda pun akan menikmati 1 Gb ini sebanyak 12 (dua belas) kali dalam 1 (satu) tahun. Bonus saya berikan ke si kecil berupa Timmy Time Games di alamat http://www.bbc.co.uk/cbeebies/timmy-time/games/timmytime-picturemaker/. Dengan begitu banyak gambar, begitu detil animasi, dan jernihnya suara tokoh-tokoh timmy, si kecil pun betah berlama-lama. Dan alhasil setelah hampir 6 jam berinternet ria, Pulsa Rp. 50.000,- + Bonus Data 1 Gb habis terpakai. Wow Its amazing.

Hal serupa juga terjadi untuk Paket Kuota 20 Mb seharga Rp. 1.000,- yang menyisakan Pulsa Rp. 9.000,- setelah Isi Ulang Rp. 10,000,-. Jika Anda menggunakan Kuota 20 Mb untuk berinternet di handphone maka kuota ini tidak akan habis dalam 1 hari, Anda mendapat kuota yang berlimpah kecuali jika Anda menggunakannya untuk download file dengan ukuran di bawah 20 Mb. Namun jika Anda menggunakannya berinternet ria di PC atau laptop Anda maka Kuota 20 Mb tidak ada apa-apanya dan bersiaplah cerita timmy time games di atas terulang di Anda berapapun sisa pulsa yang ada di handphone Anda.

Kenapa harus download file dengan ukuran dibawah 20 Mb ? Kenapa tidak dipas-kan saja download file dengan ukuran 20 Mb ? Halaman Web yang Anda akses mengandung text, gambar (dengan aneka resolusi gambar yang berbeda dan tentunya berbeda juga ukuran filesizenya), animasi (baik berupa java atau flash), dan suara (dalam format apapun wav, mp3, dll). Konten-konten ini membutuhkan byte yang tidak sedikit untuk ditampilkan di handphone atau komputer Anda, dan pastinya akan mengurangi kuota 20 Mb Anda diluar file 20Mb yang ingin Anda download. Belum lagi aktifitas dibelakang layar komputer Anda yang melakukan Automatic Update tanpa Anda sadari yang juga akan ikut menyedot kuota 20 Mb Anda. Alasan ini yang membuat sisa pulsa Anda ikut 'dimakan', baik dimakan habis atau bersisa sedikit.

Adakah pesan di browser yang menginformasikan bahwa 'Kuota 20 Mb sudah habis dan Anda akan dikenakan Tarif Reguler.' Pesan itu ada dan berupa SMS yang masuk di handphone (dan sayangnya) pada saat yang bersamaan dengan informasi di browser yang bertuliskan 'Oops, pulsa anda sudah tidak mencukupi ... dst'. Dengan kata lain begitu kuota habis maka sisa pulsa akan terpakai tanpa adanya konfirmasi atau persetujuan : 'Setuju atau Tidak Setuju ?' dari anda.

Terus gimana dong kalau mau berinternet dengan PC atau Laptop ? Anda bisa menggunakan Paket Unlimited 1 Hari seharga Rp. 5.000,- dengan perkiraan jatah kuota data 500 Mb atau setara dengan kapasitas 1 CD. Anda juga bisa mencoba sendiri berapa jumlah byte dari file yang berhasil Anda download atau pun yang gagal ditengah jalan saat download dalam satu hari untuk mengetes apakah dengan Rp. 5.000,- Anda benar-benar bebas tanpa batas / unlimited. Pada proses ini Anda akan merasakan bahwa pada satu titik ukuran file tertentu kecepatan upload / download menurun dan ini yang dinyatakan sebagai FUP (pembatasan pemakaian wajar dengan menurunkan kecepatan). Dan ini hanya saran saya untuk menghindari cerita timmy time games diatas. Maksud hati ingin irit tapi malah bablas pulsane. Anda yang melakukan aktifitas tinggi dengan internet sebaiknya menggunakan Paket Berlangganan 1 Bulan seharga Rp. 50.000,- dan Anda lebih bebas was-was karenanya.

Menyenangkan

Radio

Fitur Radio yang ada menyenangkan bagi saya. Informasi jalan raya, tausiyah / ceramah agama, lantunan ayat suci Al Qur'an, lagu, musik, humor, guyonan, dan berita. Bahkan berita penyergapan teroris di solo jam 22:00 malam dengan 1 korban teroris dan 1 korban densus88 bisa saya dengar Live dari Suara Surabaya FM, dan pada saat yang sama berita tersebut belum muncul di televisi dan di situs-situs berita yang sering saya kunjungi. Ya wajar lah mungkin masih diliput, belum diketik, belum lagi diposting.

Satu-satunya keinginan saya untuk fitur radio adalah hilangnya headset / earphone yang berfungsi sebagai antena. Saya hanya perlu menggunakan headset / earphone hanya ketika saya ingin mendengarkan radio secara private. Dan jika tidak dalam keadaan private saya ingin mendengarkan radio tanpat perlu repot menancapkan headset / earphone terlebih dahulu. Tentunya daya tangkap frekuensi radio dengan antena yang dibenamkan didalam handphone juga harus sama bagus dengan headset / earphone yang difungsikan sebagai antena.

Sound Recording

Fitur Sound Recording juga fitur yang menyenangkan. Dengan fitur ini Anda bisa merekam suara apapun dalam format AMR. Merekam suara dari televisi, merekam suara binatang, bahkan suara Anda sendiri, atau Anda mau mewawancarai seseorang. Format file yang dihasilkan adalah 20120531213555.amr yang terlihat sebagai tahun, bulan, tanggal, jam, menit, dan detik suara itu direkam.

MP3 Player

Setelah direkam, dengan fitur MP3 Player Anda bisa mendengarkan hasil rekaman Anda. Fitur ini juga untuk mendengarkan lagu-lagu kesayangan Anda. Sangat menyenangkan dengan fitur ini.

Camera

Event-event saya bersama si kecil dan keluarga saya abadikan dengan fitur Camera di handphone ini. Dengan fitur ini Anda bisa foto-foto sepuasnya. Saat Pawai Pondok Romadlon atau saat liburan jalan-jalan di Taman Bungkul tidak ingin saya lewatkan begitu saja. Mungkin sebagai kenangan saya kelak atau dokumen masa kecilnya si kecil. Hanya saja Anda perlu memperhatikan pencahayaan objek yang akan Anda ambil. Fitur ini sangat bagus untuk foto-foto outdoor. Namun untuk indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang kurang Anda harus mengaktifkan 'Mode Malam' terlebih dahulu karena Camera pada handphone ini tidak dilengkapi dengan lampu blitz. Meski begitu hasilnya tidak sebagus hasil foto outdoor dengan 'Mode Automatic' pada pencahayaan yang cukup. Format file yang dihasilkan adalah 31052012_213555.jpg yang terlihat sebagai tanggal, bulan, tahun, jam, menit, dan detik foto itu diambil. Sungguh fitur yang menyenangkan.

Video Recording

Event-event keluarga dan yang terakhir saat event Halal bi Halal bersama teman-teman Alumni SMA, saya gunakan fitur Video Recording di handphone ini sebagai dokumen pribadi. Dokumentasi berupa video terasa lebih lengkap dibanding hanya dengan foto biasa. Namun seperti halnya fitur Camera, pencahayaan objek yang akan Anda ambil dengan fitur Video Recording ini sangat penting mempengaruhi hasil akhir kualitas video yang Anda ambil. Lokasi outdoor bercahaya cukup dengan 'Mode Automatic' masih lebih bagus dibanding indoor bercahaya kurang dengan 'Mode Malam' dan ini masih ditambah dengan munculnya garis-garis putih vertikal yang saya katakan mirip dengan film-film dokumenter. Format file yang dihasilkan adalah 31052012_213555.mp4 yang terlihat sebagai tanggal, bulan, tahun, jam, menit, dan detik foto itu diambil. Fitur ini adalah fitur yang paling menyenangkan bagi saya.

Movie Player

Pemutar Multimedia ini tidak hanya untuk memutar Movie dengan format 3GP atau hasil Video Recording dengan format MP4 tapi juga bisa digunakan untuk memutar Lagu dengan format MP3 dan Sound Recording dengan format AMR secara bersamaan.

TV

Tadinya saya berharap bisa menonton TV langsung di handphone seperti halnya Radio secara langsung. Tapi fitur TV disini adalah anda bisa menikmati acara televisi secara Streaming via Web berbayar dengan tarif Rp. 5,-/detik. But it's oke.

Memory External

Kapasitas Memory Internal tersedia sebanyak 75Mb pada handphone ini. Dan ini tidak cukup memuaskan untuk jeprat-jepret foto, rekam video, putar lagu, atau download dari internet. Maka Memory External mutlak harus ada untuk menyimpan file-file itu. Handphone ini menyediakan slot memory external dengan kemampuan kapasitas maximum hingga 8Gb. Sangat memuaskan. Apa tidak berat dengan memory sebesar itu ? Menurut tukang handphone itu akan berat dan akan membuat HP jadi sering hang. Tapi menurut saya vendor handphone ini pasti sudah memperhitungkan kemampuan kinerja HP dengan kapasitas memory terpasang hingga kemampuan 8Gb plus isinya (bukan 8Gb dalam keadaan kosong bersih tanpa data). Asal tidak terlalu penuh dengan data, maka tidak ada masalah dengan kinerja handphone. But it's oke. Ada beberapa ukuran untuk MicroSDHC dipasaran yaitu 1Gb, 2Gb, 4Gb, atau 8Gb. Pilih sesuai keinginan Anda. Jika takut dengan tukang handphone, ukuran MicroSDHC 4Gb kebawah juga sudah terbilang mampu untuk menampung banyak data. Jika memory handphone sudah penuh, oper data ke komputer atau laptop, backup ke DVD pribadi, kosongi lagi memory-nya. Gitu aja kok repot.

Bintang 5

Selain fitur-fitur diatas masih banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda, seperti Games (Black Jack, Brick Attack,Tetris). Alat ( Jadwal, Alarm, Kalkulator, Catatan, eBook, Stopwatch, Waktu Dunia). Sambungan (Bluetooth, Pengaturan usb). Info fitur yang lain ? Silahkan beli dan rasakan sendiri. Secara umum handphone ini sudah memenuhi bagi standart kriteria 'Fitur Minimal Saya'. Karena saat ini sedang tidak pelit maka Bintang 5 buat handphone ini untuk skala bintang 1 sampai 5. Kecuali jika dalam 1 (satu) tahun kedepan battery menggelembung seperti Haier C700, maka bintang itu saya potong 2 jadi tinggal 3 bintang. Untuk anda, silahkan beri bintang anda sendiri. Dan ini nomor Smartfren yang dibundling dengan Handphone Modem Xstre@m EVDO Smartfren E781A : 08885129326.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar