Sistim Informasi Farmasi

Layanan Jasa Sistim Informasi untuk usaha Apotik / Farmasi garansi selama 1 (satu) tahun pertama pemakaian dan Dukungan Teknis / Tehnical Support seumur hidup selama Anda menggunakan Sistim Informasi Apotik.

Harga Setup mulai Rp. 2.500.000,- untuk Single User dan mulai Rp. 5.000.000,- untuk Multi User.

Informasi berlangganan lihat Price dan hubungi saya di Contact Me.

Rabu, 10 Agustus 2011

Stok Opname Cukup 5 Jam

Stok Opname adalah suatu proses penyesuaian data yang sebenarnya antara data elektronik di komputer server / database barang dengan data fisik atas stok barang di etalase apotek atau di gudang. Jadi jika stok suatu obat di komputer menunjukkan jumlah sisa stok terakhir sebanyak 10 (sepuluh) tablet maka jumlah fisik yang sebenarnya juga harus sejumlah 10 (sepuluh) tablet. Stok Opname juga bisa diartikan sebagai konsistensi jumlah item atas suatu barang di komputer (secara elektronik) dengan jumlah item yang sebenarnya di etalase apotek atau gudang (secara fisik).

Kenapa harus ada Stok Opname ? Pada dasarnya Stok Opname dilakukan untuk menghitung berapa jumlah total asset berupa stok barang pada akhir periode perdagangan atau akhir periode keuangan atau akhir periode siklus akuntansi di akhir tahun. Selama aktivitas perdagangan pada periode berjalan tentu ada faktor-faktor penyebab terjadinya inkonsistensi data jumlah stok suatu barang. Beberapa faktor tersebut diantaranya operator atau petugas pembelian (purchasing) tidak melakukan entri jumlah stok atas order suatu barang. Inkonsistensi juga bisa terjadi karena penjualan suatu barang tidak diikuti dengan proses transaksi elektronik dengan menggunakan komputer. Atau bisa juga terjadi pembatalan transaksi penjualan oleh pasien (customer) setelah transaksi penjualan tersimpan dan tidak diikuti proses pembatalan transaksi penjualan secara elektronik. Penyebab lain bisa terjadi karena kehilangan, pencurian, atau system yang crash karena pasokan listrik yang terputus sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan data.

Untuk meminimalisir inkonsistensi data diantaranya adalah perilaku disiplin dari operator untuk menjalankan alur prosedur yang sudah ditetapkan sehingga system berjalan sesuai dengan yang sebenarnya. Proses 5 jam Entri Stok Opname tidak berlebihan karena memang sudah diterapkan. Proses bisa anda lakukan sendiri atau bersama tim. Jika tidak terjadi kesalahan entri data yang mengharuskan anda melakukan Edit Stok Opname maka pada hari itu juga anda bisa melakukan Print Laporan Stok Opname. Sehingga OneDay Service for Stok Opname bukan sesuatu yang mustahil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar