Sistim Informasi Farmasi

Layanan Jasa Sistim Informasi untuk usaha Apotik / Farmasi garansi selama 1 (satu) tahun pertama pemakaian dan Dukungan Teknis / Tehnical Support seumur hidup selama Anda menggunakan Sistim Informasi Apotik.

Harga Setup mulai Rp. 2.500.000,- untuk Single User dan mulai Rp. 5.000.000,- untuk Multi User.

Informasi berlangganan lihat Price dan hubungi saya di Contact Me.

Rabu, 28 Juli 2010

Cara Mengoperasikan Transaksi Penjualan Apotek Resep





Proses diawali dengan penekanan tombol ENTER atau ALT+T tombol TAMBAH untuk menambah atau membuat Transaksi Penjualan Apotek – Resep baru. Anda akan diberikan secara otomatis NOMOR BUKTI dan TANGGAL BUKTI sesuai dengan tanggal system saat ini ( misal : RSP-050421-351 tanggal 21-04-2005 20:24:35 ). Berikutnya Anda bisa mengisikan NAMA PASIEN dan ALAMAT PASIEN lalu tekan ENTER untuk menuju ke Combo Box Kode Dokter. Dibagian Kode Dokter tekan ENTER untuk mencari Nama Dokter yang dimaksud. Anda akan diberikan entri cari dokter, ketik Nama Dokter, pilih Nama Dokter yang dimaksud, lalu tekan ESCAPE. Nama-nama Dokter yang ditampilkan di sini adalah Dokter Dalam sesuai dengan yang tercatat dalam Master Dokter, jika Anda menangani resep dari Dokter Luar maka Anda bisa mengkosongi Kode Dokter. Nama Dokter bisa dimasukkan dibagian Copy Resep nantinya. Tekan TAB untuk menuju Nomor Resep ( bisa dikosongi jika tidak perlu ), lalu tekan ENTER untuk menuju TANGGAL RESEP.






Dari Tanggal Resep tekan tombol ENTER untuk melanjutkan pengisian Detil Item Barang. Anda akan diberikan entri cari item, cari nama item barang yang Anda maksud, dari daftar list pilih Nama Barang yang Anda maksud lalu tekan ESCAPE. Gunakan tombol ENTER untuk mengisi kolom JUMLAH TRANSAKSI DALAM SATUAN ECERAN. Anda bisa menggunakan tombol F3 untuk menghitung Obat Racikan. Berikutnya Anda bisa mengisikan Prosentase DISCOUNT ITEM untuk keperluan ini Anda bisa menggunakan tombol F9. Nilai Discount Item tidak selalu digunakan karena ini digunakan hanya untuk keperluan dan Nilai Nominal Penjualan tertentu ( tergantung kebijakan pengelola Apotek ), Anda bisa melewatinya dengan membiarkan kosong dengan menekan ENTER lalu isikan NILAI EMBALASI



Jika Anda ingin mengedit Nama Barang ( mungkin Anda salah mengisikan nama barang ) maka Anda harus menuju ke kolom Kode Barang, tekan F2 ( proses cari item barang ), selanjutnya sama seperti langkah-langkah diatas. Ulangi langkah-langkah untuk penambahan Item Barang lain dengan tombol F5. Selanjutnya Anda bisa melihat Table Short Key pada Table 9.1 dan Message Program Transaksi. Tekan F7 untuk keluar dari Grid Detil Item Barang, lalu lanjutkan dengan Combo Box CARA BAYAR, tekan SPASI + pilih Cara Pembayaran ( TUNAI / KREDIT pilihan TUNAI akan membuat Check Box LUNAS aktif ) + ENTER. Berikutnya isikan NILAI PEMBAYARAN dari konsumen, ENTER, dan lihat NILAI KEMBALIAN ( jika pembayaran dengan uang pas maka isikan sejumlah Nilai Pembayaran sehingga Nilai Kembalian menjadi 0 (nol) rupiah ). Terakhir Anda bisa mengisikan KURIR, OPERATOR, dan PASSWORD-nya.






Yakinkan semua data dan nilai-nilai yang diisi sudah benar dengan memeriksa sekali lagi sebelum Anda benar-benar melakukan Proses Simpan karena begitu disimpan maka data sudah benar-benar masuk dan transaksi tidak bisa dibatalkan. Setelah Anda mengisi PASSWORD, tekan ENTER atau ALT+S pada tombol SIMPAN sampai Anda melihat pesan “Saving Record ...” pada pojok kanan atas.






Berikutnya Anda bisa mencetak bukti Transaksi Penjualan Apotek – Resep dengan menekan F4 atau klik tombol cetak.






Pada form cetak kwitansi tekan ENTER untuk memilih Check Box Bukti Pengambilan Obat, selanjutnya isikan Nama Operator Cetak dan Passwordnya. Jika berhasil tekan ENTER untuk menuju Option Button pilih LAYAR atau PRINTER. Penekanan ENTER di tombol CETAK tergantung tujuan hasil cetak yang Anda pilih. Gambar di atas adalah pilihan ke LAYAR dari Option Button menghasilkan hasil cetak untuk Bukti Pengambilan Obat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar